I. ISD sebagai MKDU
Pengertian
Ω.
Ilmu Sosial Dasar (ISD):
Ilmu yang mempelajari
masalah-masalah sosial, khususnya mempelajari
masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan
beberapa teori seperti fakta dan konsep yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan
keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu
Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
Ω. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS):
Yaitu merupakan suatu
program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan
ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial
(social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council
(SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai
“Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS
mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran
seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi,
psikologi, sosiologi, dan sebagainya.
Tujuan ISD dan IPS
1. Memahami
dan menyadari adanya masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2. Warga
Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat. agar
tidak terjadi keributan ataupun kericuhan.
3. Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha
mencegah dan menanggulanginya.
4. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya)
secara kritis-interdisipliner
5. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang
ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
ISD sebagai MKDU memiliki 3 Kelompok
Ilmu Pengetahuan, yaitu:
1. Ipa Murni
Ω. Fisika.
Ω. Kimia.
Ω. Biologi.
Ω .
Astronomi.
2. Pengetahuan Ips
Ω. Sosiologi.
Ω. Politik.
Ω. Ekonomi.
Ω. Sejarah.
Ω. Psikologi .
3. Kemasyarakatan
Ω. Bahasa.
Ω. Agama.
Ω. Kesenian.
Ω. Sastra.
Persamaan antara ISD dengan IPS
1.
ISD
dan IPS sama-sama mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Juga, merupakan
bahan studi untuk program pengajaran.
2.
Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.
Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Perbedaan ISD dan IPS
1.
Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan
Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah
Lanjutan.
2.
Ilmu
Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
3.
Ilmu
Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan
Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
Ruang Lingkup ISD
3.
Masalah
pemuda dan sosialisasi.
4.
Masalah
hubungan warga Negara dan Negara.
5.
Masalah
masyarakat perkotaan dan pedesaan.
6.
Pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Materi Ilmu Sosial
Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah
sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi
kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.
Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas
tiga golongan.
3 golongan bahan pembelajaran ISD
antara lain :
1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam
masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu..
Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian
tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan
untuk mempelajari masalah-masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
contoh dari konsep
dasar semacam itu misalnya konsep "keanekaragaman" dan kosep
"Kesatuan sosial". Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka
dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
Ω. Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan
pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
Ω.
Persamaan dan perbedaan kepentingan.
3. Membahas masalah-masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat. Hal semacam ini biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Daftar Pustaka
Daftar Pustaka
http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
http://randyaprianggi.blogspot.com/2011/06/isd-sebagai-salah-satu-mkdu.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar