Jumat, 10 Oktober 2014

TUGAS IBD BAB 1

I. ISD sebagai MKDU

 Pengertian

Ω. Ilmu Sosial Dasar (ISD):

Ilmu yang mempelajari masalah-masalah sosial, khususnya mempelajari  masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan beberapa teori seperti  fakta dan konsep  yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti  Geografi  Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.

. Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS):

Yaitu merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur  filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.

Tujuan ISD dan IPS

1.  Memahami dan menyadari adanya masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.  Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat. agar tidak terjadi keributan ataupun kericuhan.
3.  Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan menanggulanginya.
4.  Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner
5.  memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.


ISD sebagai MKDU memiliki 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan, yaitu:

    1.   Ipa Murni
Ω.  Fisika.
Ω.  Kimia.
Ω.  Biologi.
Ω . Astronomi.

    2.   Pengetahuan Ips
Ω.  Sosiologi.
Ω.  Politik.
Ω.  Ekonomi.
Ω.  Sejarah.
Ω.  Psikologi .

    3.   Kemasyarakatan
Ω.  Bahasa.
Ω.  Agama.
Ω.  Kesenian.
Ω.  Sastra.

Persamaan antara ISD dengan IPS

     1.      ISD dan IPS sama-sama mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat dan hampir memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan. Juga, merupakan bahan studi untuk program pengajaran.
     2.      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
     3.      Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.



Perbedaan ISD dan IPS

    1.       Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.

    2.       Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).

    3.       Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.


Ruang Lingkup ISD

    3.     Masalah pemuda dan sosialisasi.
    4.     Masalah hubungan warga Negara dan Negara.
    5.     Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan.
    6.     Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan.


 3 golongan bahan pembelajaran ISD antara lain :

1.  Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.. Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.

2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar  atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep "keanekaragaman" dan kosep "Kesatuan sosial". Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
.  Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
Ω.  Persamaan dan perbedaan kepentingan.


3.  Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat. Hal semacam ini biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.


Daftar Pustaka

http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html

http://randyaprianggi.blogspot.com/2011/06/isd-sebagai-salah-satu-mkdu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar