Pada dasarnya etika kerja merupakan gabungan antara kata etika yang
berarti ilmu tentang apa yang baik, apa yang buruk dan tentang hak dan
kewajiban moral. Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan etika dengan membedakan
tiga arti, yakni: Ilmu tentang apa yang baik dan buruk, kumpulan azas
atau nilai dan nilai mengenai benar dan salah. Sedangkan apabila etika digabungkan dengan kata “kerja”, yang menjadi
etika kerja memiliki arti yaitu nilai-nilai atau kebiasaan yang harus
dilakukan ketika berada di lingkungan kerja. Sehingga dapat disimpulkan
etika kerja adalah sistem nilai yang dianut secara perorangan yang
termasuk etika hubungan antara Karyawan dan perusahaan. Etika kerja dalam suatu perusahaan dibutuhkan agar terciptanya
lingkungan kerja yang baik dan kondusif agar para karyawannya dapat
bekerja secara produktif sehingga membuat perusahaan tersebut dapat
mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah
standar-standar etika kerja yang wajib diterapkan oleh para karyawan
perusahaan PT. INDO ACIDATAMA Tbk, agar terciptanya lingkungan kerja yang
baik:
1. Menjalankan tugas dan tanggungjawab sebaik-baiknya
2. Melakukan pekerjaan sesuai dengan rencana dan melakukan skala prioritas
3. Menggunakan fasilitas Perusahaan sesuai kebutuhan
4. Selalu berupaya untuk meningkatkan kompetensi diri secara berkesinambungan
5. Selalu berupaya meningkatkan kualitas pekerjaan untuk memberikan hasil terbaik
6. Santun dalam berkomunikasi dan menghargai lawan bicara
7. Terbuka untuk menerima kritik dan saran untuk perbaikan
8. Selalu menunjukan sikap siap untuk membantu
9. Aktif menyampaikan gagasan positif guna tercapainya tujuan Perusahaan
10. Bertanggung jawab terhadap distribusi data dan dokumen Perusahaan
11. Berperilaku sesuai dengan etika moral, hukum dan aturan Perusahaan yang berlaku
Sumber: http://acidatama.co.id/tata-kelola.php
Tidak ada komentar:
Posting Komentar